Cara Tepat Menghemat Biaya Pernikahan

* Cara Tepmoney2at Menghemat Biaya Pernikahan

PERNIKAHAN merupakan suatu peristiwa terindah dalam hidup seseorang. Melalui pernikahan yang resmi, tidak hanya sepasang kekasih yang berbahagia, tetapi juga keluarga, tamu, dan undangan yang hadir. Anda menghabiskan uang dalam jumlah yang tidak sedikit untuk membuat acara berlangsung sukses.

Gedung tak harus strategis

Tujuan diadakannya acara pernikahan di gedung adalah agar semua yang diundang bisa masuk dan mengikuti acara. Pun supaya pihak yang berbahagia, alias yang menikah, tidak terlalu repot dan susah menyiapkan tempat. Jika Anda memang memilih gedung sebagai tempat berlangsungnya acara resepsi pernikahan, gedung itu tidak mesti sangat strategis karena tamu dan undangan tetap datang di mana pun lokasinya.

Untuk menghemat biaya pengeluaran, cari gedung yang tidak berdiri di pinggir jalan utama. Bisa juga beberapa meter dari jalan utama. Yang penting, mudah dicari dan jalannya baik. Tidak usah juga gedung yang terlihat mewah karena nantinya akan didekorasi juga. Yang penting bisa menampung semua tamu dan undangan yang hadir. Bahkan kalau bisa, pilih gedung yang tidak komersial, dalam arti tidak disewakan secara khusus untuk mengadakan acara-acara tertentu seperti gedung olahraga, atau mungkin balai warga di lingkungan rumah. Kalau pun harus membayar sewa, Anda tidak diharuskan memilih katering dan dekorasi dari rekanan pengelola yang tarifnya lebih mahal.

Di rumah pun bisa lebih indah

Acara pernikahan yang baik tidak harus di tempat yang mewah. Rumah sendiri pun bisa disulap menjadi tempat acara yang indah. Ingat, faktor pertama yang memengaruhi besar atau kecilnya biaya adalah tempat. Pernikahan di rumah sendiri bisa menghemat banyak pos pengeluaran seperti sewa tempat dan katering. Bahkan di rumah pun bisa lebih indah, tinggal bagaimana kita mengatur dan mendekorasikannya saja. Kalau punya halaman luas, Anda bisa memasang tenda tertutup yang bisa menampung banyak tamu. Memang lebih mahal daripada tenda biasa yang terbuka, tapi tentunya masih lebih murah daripada menyewa gedung.

Bijak memilah undangan

Faktor kedua yang menentukan besar atau kecilnya biaya pernikahan adalah jumlah undangan. Kalau Anda dibatasi oleh jumlah undangan, pilih dengan baik siapa saja yang akan diundang, pilih dengan baik siapa saja yang akan diundang. Mulai dari yang terdekat, baru kemudian yang jauh. Dekat bisa dalam arti tempat tinggal. Kalau mau, Anda mengadakan acara akad nikah dan resepsi pada waktu dan tempat yang berbeda untuk menyiasati banyaknya tamu yang datang. Undang kerabat, tetangga, dan teman-teman di lingkungan sekitar untuk menghadiri acara akad nikah yang diadakan di rumah. Sedangkan yang tidak tinggal dekat dengan rumah bisa diundang untuk menghadiri resepsinya di gedung.

Variatif menghidangkan makanan

Tidak perlu banyak-banyak memesan makanan. Yang penting, bervariasi. Daripada terlalu banyak menaruh makanan di meja, lebih baik membuat banyak tempat makanan kecil-kecil yang terpisah dengan hidangan yang berbeda-beda. Selain mengurangi antrean, para undangan juga tidak akan merasa kehabisan makanan karena bervariasinya hidangan.

Wedding Organizer

Kalau mau praktis, Anda bisa memanfaatkan jasa wedding organizer. Bukan cuma acara di gedung saja, wedding organizer pun bisa membantu Anda menyiapkan acara pernikahan yang diadakan di rumah. Memang akan ada tambahan biaya. Tapi kalau pekerjaan yang mereka lakukan bisa banyak membantu Anda, rasanya tidak mengapa keluar lebih banyak uang untuk sesuatu yang memang berharga. Dan bukan tidak mungkin bahwa biaya yang harus dikeluarkan justru bisa dihemat. Karena mereka lebih berpengalaman, bisa jadi mereka sudah punya langganan yang bisa memberikan diskon atau punya konsep dekorasi yang bagus tapi tidak mahal.

Lebih praktis dengan sistem paket

Sebagian dari Anda mungkin merencanakan acara pernikahan dengan batas anggaran tertentu. Artinya, Anda tidak mau pusing-pusing menghitung biaya yang harus dikeluarkan per item seperti undangan, dekorasi, gedung, katering, dan sebagainya. Sama dengan ketika memesan makanan di restoran fast food. Daripada pusing memilih menu, pilih saja paket yang sudah ada. Yang menyediakan sistem paket ini biasanya selain wedding organizer juga hotel dan pengelola gedung. Harganya juga bervariasi. Anda bisa memilih sesuai dengan batas anggaran. Itu berarti Anda harus membatasi jumlah undangan supaya sesuai dengan paket yang ada. Sedangkan untuk paket per orang, Anda bisa lebih fleksibel menentukan berapa jumlah tamu yang akan di undang. Sedangkan untuk paket yang dihitung per orang, Anda bisa lebih fleksibel menentukan berapa jumlah tamu yanag akan diundang.

(Genie/Genie/tty)

Dikutip dari Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: